Analisa Iklan "Nestle KitKat - Kittu Kitsu Case Study Japan"
Nestle KitKat - Kittu Kitsu Case Study Japan
KitKat
Have a break, have a KitKat
Audience utamanya KitKat ini lebih menginginkan produk ini dapat memenuhi pasar anak-anak hingga dewasa dimana ini membantu mereka agar dapat lebih mudah berkirim pesan kepada yang lain. Dimana ini sangat membantu mereka dalam menentukan kata-kata yang ingin disampaikan.
Cerita nya mengisahkan tentang kehidupan diJepang yang sangat padat tentunya, dimanapun toko-toko ataupun kedai-kedai, memiliki sebuah problem yang tak lain yaitu masalah pada bagaimana penempatan suatu produk dalam etalase. KitKat melawan itu semua dengan cepat pada konsumen, dimana pandangan orang KitKat itu merupakan sebuah snack coklat batangan yang praktis, namun di Jepang itu sendiri, KitKat di sebut dengan "Kitto Katsu" yang memiliki makna "Surely Win" (pasti menang). Kata "Surely Win" ini digambarkan dengan 1 orang yang melawan ratusan hingga jutaan orang lainnya, dimana sekolah pun mereka dapat memberikan KitKat pada teman atau kerabatnya untuk menyemangati mereka yang sedang mengerjakan tugas ataupun menempuh ujian, dan sebagian juga menjadikan nya sebagai pengantar pesan kepada orang lain.
Orang Jepang terutama siswa-siswi nya pun menangkap kata KitKat itu sebagai "Kitto Katsu", dimana makna "Surely Win" menjadikan mereka lebih bersemangat menyelesaikan ujian. KitKat pun memasarkan produk nya lebih luas, ke 20 tempat yang paling banyak dikunjungi oleh orang-orang tiap minggunya. Kantor Pos, tempat dimana pemerintah Jepang dan warga nya pasti menggunakan jasa pos sebagai pengirim pesan ataupun surat, situasi ini lah dimana KitKat membuat desain bungkus nya bermotif Sakura Jepang yang tujuan nya agar orang dapat menuliskan pesan langsung di bungkus KitKat-nya. Dimana situasi ini lah menjadikan orang-orang menggunakannya untuk berkirim pesan kepada kerabat, teman, serta orang terdekat nya. Surat Kitkat ini pun juga hampir digunakan oleh seluruh orang Jepang.
Dengan desain ini, KitKat juga mempromosikan besar-besaran pada tempat lain, dimulai dari membuat banner, hiasan lantai keramik, hingga menempatkan nya pada toko-toko ternama. Disinilah presiden Jepang mengatakan bahwa makna "Surely Win" yang dibawakan oleh KitKat sungguh berhasil menarik orang-orang Jepang untuk lebih percaya diri. Desain Surat KitKat ini juga digunakan oleh lebih dari 11 juta orang didunia, dimana mereka memposting pada sosial media dengan menunjukkan hasil pesan dari teman / kerabat mereka. Surat KitKat ini pun juga menjadi pilihan utama bagi orang Jepang dalam mengirim surat / pesan.
Isi pesan yang dituliskan pun tidak jauh dari kata "Surely Win", diantara nya, "Good Luck For Your Exam", "Lots Of Love", "Good Luck Job Hunting", "Happy Birthday Beautiful", "Good Luck! We Love You", "I Love You", dan masih banyak lainnya.
KitKat pun sukses membuat orang-orang Jepang memilih produk KitKat sebagai pilihan utama untuk membangkitkan rasa percaya diri mereka.
KitKat
Have a break, have a KitKat
Target market dari KitKat ini juga mengarah pada tempat-tempat ramai yang hampir semua orang kunjungi, di tempat-tempat umum seperti kantor pos, dan juga kios-kios kecil seperti 7-Eleven, dan lainnya.

Strategi pemasaran nya juga sangat cepat dan tepat, dimana KitKat membuat awal yang baik pada pemerintahan dan juga warganya yang mana banyak dari mereka sering menuju ke kantor pos untuk berkirim dokumen, surat, atau juga pesan. Dari situ lah KitKat berkembang dan memperluas pemasarnnya hingga toko-toko ternama, juga membuat iklan-iklan digital maupun cetak seperti banner, hiasan lantai keramik, dan lainnya.
Comments
Post a Comment